Home » , , » Ngaji Posonan Bersama KH. Ahsin Ilyas 1434 H

Ngaji Posonan Bersama KH. Ahsin Ilyas 1434 H

Written By Ravindra Indra on Jumat | 22:17

Ngaji Posonan Bersama KH.Ahsin Ilyas


Setiap bulan suci Ramadlan begitu banyak pesantren-pesantren kilat, dikatakan kilat sebab hanya dilakukan kurang lebih 29 hari hanya pada bulan suci Ramadlan, dan santrinya tentunya juga banyak santri baru. Walaupun demikian kegiatan rutin ini adalah kegiatan yang patut dilestarikan sebab dengan adanya pesantren-pesantren kilat memiliki banyak manfaat yang sifatnya positif, disamping sambil menunggu waktu berbuka puasa juga semakin bertambah ilmu agamanya. Kegiatan ini banyak ditemukan dimana-mana dengan waktu yang berbeda pula. Salah satunya diadakan di rumah KH. Ahsin Ilyas yang alamatnya desa Tawangrejo RT.02 RW.06 Kec. Winong Kab. Pati. Ditempat itulah para santri dari berbagai kalangan dan usia berbondong-bondong untuk mengikuti pengajian kitab kuning dengan judul NASHOIKHUL IBAD yang berisi tentang nasehat-nasehat yang baik bagi manusia. Kegiatan pengajian rutinan ini dimulai 13.30 WIB sampai jam 15.00 WIB. Kemudian dilanjutkan sholat Ashar berjamaah dimasjid Jami’ At-Taqwa. Luar biasa yang hadir kurang lebih 80-100 orang Pria dan Wanita selalu bertambah disetiap tahunnya, semoga ditahun depan bisa bertemu Ramadlan kembali dan bakal ketemu dengan santri santri yang baru, ini artinya bahwa semangat dan antusias masyarakat akan pentingnya ilmu agama masih sangat tinggi. Tentunya semoga para Ulama’ dan Kyai semoga diberikan Umur yang panjang dan diberikan kesehatan yang melimpah ruah agar ilmunya bisa kita timba demi kepentingan kehidupan kita semua. Kegiatan pesantren kilat ini gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, bagi anda yang belum sempat mengikuti kegiatan rutin ngaji POSONAN bisa datang kembali pada Ramadlan yang akan datang. Sebenarnya di rumah beliau KH. Ahsin Ilyas juga ada ngaji Rutin setiap Hari Selasa, Rabu dan Kamis sehabis Sholat Subuh dengan kitab Khasyiah Syarqowi, Kemudian malam ahad ada rutinan khusus ibu-ibu mulai habis magrib sampai habis Isya’, Untuk hari Jum’at siang pengaian kitab HIKAM (Ibnu At-Thoillah) jam 2 siang. Dan TAFSIR JALALAIN hari Ahad dan Rabu pukul 20.00 atau jam 8 malam sampai selesai, namun setiap Romadlon untuk rutinan harian diLIBURkan. Untuk hari Sabtu, Ahad dan senin, ada pengajian kitab kuning juga dirumah KH. Ahmad Ishom waktunya habis Sholat subuh dengan kitab FATHUL MUIN / Ianatut Tholibin. Jadi kalau kita mau menyempatkan waktu, tentunya untuk mempelajari ilmu-ilmu agama sudah sangat mungkin karena setiap hari sudah ada pesantren yang siap melayani kebutuhan ilmu agama.

Dokumentasi Ngaji Posonan Bersama KH. Ahsin Ilyas 1434 H

 Suasana Pengajian Kitab Kuning

 Peserta Ngaji cilik gede tuwo enom

 Ada Yang Suka Lesehan, dibelakang Santri Purta adalah Santri Putri disekat dengan kain

 Kebanyakan peserta dah pada usia Lanjut. dah tau diri kali ya..! he.. 

 Kitab Kuning " NASHOIKHUL IBAD "

 Kapasitas didalam sudah tidak muat, maka di emperan Rumah, jadi lah.... he, sambil cuci mata lihat orang yang lewat. mosok ngaji kok kober cuci mata, ya enggak lah...

Kalau yang tidak bisa kitab Kuning, juga ada kitab terjemah, jadi santri tinggal mendengarkan (nyemak) saja, sambil ngantuk-ngantuk it's OKey.

Komentar anda sangat berharga bagi blog Sanggar Seni Pacul ini... Terima Kasih atas komentar dan kunjungannya...
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hoe Studio Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger